Kamis, 03 Juni 2010

PEMAHAMAN KONSEP MANAJEMEN

A. Pengantar Manajemen

Ada begitu banyak konsep manajemen yang pernah dipergunakan hingga saat ini. Ada total quality manajemen , value based consept, kaizen, just in time, balanced scorecard, dan banyak lagi yang lain. Tetapi seperti yang dikatakan oleh Charles Darwin, maka semua konsep konsep manajemen tersebut satu-persatu hilang bersama waktu yang berlalu. Beberapa masih bisa terpakai, tetapi beberapa sudah tidak bergaung lagu.
Beberapa orang dengan sinis mengatakan bahwa semua konsep manajemen tersebut lebih banyak mudarat dibanding manfaat bagi perusahaan. Tetapi disisi lain, konsep manajemen memberikan banyak sekali manfaat bagi konsultan manajemen.

Definisi Manajemen    
Menurut Stoner, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

B. Evolusi Teori Manajemen


Evolusi teori manajemen mempunyai 3 aliran yaitu :
1.    Aliran manajemen klasik, yang terdiri dari teori manajemen ilmiah dan teori organisasi klasik.
2.    Aliran perilaku, yang terdiri dari gerakan hubungan manusiawi dan pendekatan secara ilmiah.
3.    Aliran ilmu manajemen, yang telah menggunakan analisis dengan model-model matematik.

C. Fungsi Manajemen

I. Perencanaan (planning)
Perencanaan mendefinisikan di mana organisasi ingin berada di masa depan dan bagaimana mencapainya berarti penentuan sasaran sebagai pedoman kinerja organisasi di masa depan dan penetapan tugas-tugas beserta alokasi sumber daya yang dipergunakan.
II. Pegorganisasian
Pengorganisasian biasanya mengikuti perencanaan dan mencerminkan bagaimana organisasi mencoba untuk menyelesaikan rencana itu. Pengorganisasian melibatkan penetapan tugas, pengelompokan tugas-tugas ke dalam departemen dan alokasi bermacam-macam sumber daya ke dalam berbagai departemen.
III. Kepemimpinan
Memberikan kepemimpinan menjadi fungsi manajemen yang semakin penting. Kepemimpinan adalah penggunaan pengaruh untuk memotivasi karyawan agar mencapai sasaran organisasi.
IV. pengendalian
Pengendalian adalah fungsi keempat dalam proses manajemen. Pengendalian artinya memantau aktivitas karyawan, menjaga organisasi agar tetap berjalan ke arah pencapaian sasaran dan membuat koreksi bila diperlukan.
Fungsi dari proses kegiatan-kegiatan manajemen :
a) Perencanaan berarti para manajer memikirkan kegiatan-kegiatan mereka sebelum dilaksanakan.
b) Pengorganisasian berarti para manajer mengkoordinasikan sumber daya-sumber dayamanusia dan material orga\nisasi.
c) Pengarahan berarti para manajer mengarahkan, memimpin dan mempengaruhi bawahan.
d) Pengawasan berarti para manajer berupaya untuk menjamin bahwa organisasi bergerak ke arah tujuan-tujuannya.
Definisi atau arti Manajemen yang beragam, diantaranya :
a) Manajemen sebagai ilmu dan seni
b) Manajemen sebagai profesi
c) Penertian-pengertian yang berbeda dengan istilah manajemen
d) Aplikasi-aplikasi yang berbeda dari istilah manajemen

D. Jenis-Jenis Manajer


1. Manajer Puncak
Kelompok kecil eksekutif yang mengelola keseluruhan organisasi. Jabatan : presiden, wakil presiden, dan CEO. Untuk menciptakan tujuan organisasi, strategi keseluruhan, dan kebijakan operasional.
2. Manajer Menengah
Kelompok manajer yang bertanggung jawab untuk mengimplementasikan kebijakan dan rencana yang dikembangkan oleh manajer puncak. Serta mengevaluasi dan mengkoordinasi aktivitas manajer tingkat rendah. Jabatan : Manajer Pabrik dan Operasional.
3. Manajer Lini Pertama
Kelompok manajer yang mengawasi dan mengkoordinasikan aktivitas karyawan.

E. Lingkungan Manajemen

1. Mengelola organisasi komersial.
2. Mengelola organisasi nirbala (organisasi pemerintah, pendidikan, fasilitas kesehatah, manajemen organisasi non tradisional).

a) Manajemen sebagai ilmu dan Seni
Manajemen merupakan suatu ilmu dan seni, mengapa disebut demikian, sebab antara keduanya tidak bisa dipisahkan. Manajemen sebagai suatu ilmu pengetahuan, karena telah dipelajari sejak lama, dan telah diorganisasikan menjadi suatu teori. Hal ini dikarenakan didalamnya menjelaskan tentang gejala-gejala manajemen, gejala-gejala ini lalu diteliti dengan menggunakan metode ilmiah yang dirumuskan dalam bentuk prinsip-prinsip yang diujudkan dalam bentuk suatu teori.
Sedang manajemen sebagai suatu seni, disini memandang bahwa di dalam mencapai suatu tujuan diperlukan kkerja sama dengan orang lain, nah bagaimana cara memerintahkan pada orang lain agar mau bekerja sama. Pada hakekatnya kegiatan manusia pada umumnya adalah managing ( mengatur ) untuk mengatur disini diperlukan suatu seni, bagaimana orang lain memerlukan pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama.

b) Manajemen sebagai Profesi
Karakteristik-karakteristik atau kriteria-kriteria untuk menentukan sesuatu sebagai profesi yang dapat diperinci sebagai berikut :
1. Para profesional membuat keputusan atas dasar prinsip-prinsip umum.
2. Para profesional mendapatkan status mereka karena mencapai standar prestasi kerja tertentu
3. Para profesional harus ditentukan oleh suatu kode etik yang kuat,

c) Pengertian-pengertian yang Berbeda dengan Istilah Manajemen
1. Manajemen berbeda dengan kewiraswastaan ( wirausaha )
2. Manajemen berbeda dengan supervisi

d) Aplikasi-aplikasi yang Berbeda dari Istilah Manajemen
1. Pengelompokan pekerjaan.
2. Seorang individu.
3. Suatu disiplin akademik.
4. Suatu proses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar